Monday, July 28, 2008

Double (or Even Triple or More?!) Nationality!

Hoiii! Saya kembali lagii! Halah.

Yah post gw kali ini gak bermaksud menyebarkan rasisme yaa. Cuman sharing aja. Hehe. Dan perlu digarisbawahi, ditebalkan dan digarismiring, ini bukan KELUHAN!


Dari dulu sampe sekarang, gw gak pernah lepas dari tebakan orang orang yang mengira bahwa gw ini adalah seorang manusia yang mengalir darah Cina di dalam tubuhnya (ribet banget dah nulisnya!). Ya, setiap orang yang baru pertama kali ketemu sama gw, pasti ngirain gw orang Cina or at least ada darah Cina di dalam tubuh gw!

Dimulai pas SMP, waktu itu gw pernah les di sebuah lembaga bahasa inggris yang cukup terkenal di Indonesia (halah).

Pas gw bilang agama gw Islam, kaga ada yang percaya! Apalagi kalo gw bilang bahwa gw ini adalah seorang turunan Minangkabau?!

Trus pas SMA juga sama aja, orang orang yang belum kenal gw pasti ngirain gw Cina. Apalagi di sekolah gw dulu, mayoritas adalah turunan Cina. Sampe sampe ade kelas gw ada yang manggil gw dengan sebutan Cece Nadra. Sungguh sebutan yang berbau Cina bukan? Halah :P

Tapi pas SMA itu gw seneng seneng aja sii dipanggil Cina, bisa nyamar nih (sungguh aneh pikiranmu, Nadra!)

Nah pas kuliah ini bagian yang terparah! Selain disangkain cina, kadang kadang gw suka dikirain orang Kadazan, alias orang Sabah.

Yang lebih sering sii orang orang nyangkain gw Cina (teteup).

Yang ini dimulai pas orientasi. FYI, di Malaysia, semua etnik emang diberi kebebasan penuh untuk berbincang berbahasa masing masing bila berjumpa sama sesama etnis nya.

Yah kaya Cina ketemu Cina ya ngomongnya Mandarin, dan begitu juga dengan India kalo ketemu India. Klo Melayu ketemu Melayu mah ga usah ditanya. Ya pasti ngomong Bahasa Melayu lah!

Nah akhirnya petaka (apakah terlalu sadis klo dibilang petaka?) itu dateng. Pas anak anak Cina dari Tiongkok sono dateng, mereka langsung ngajakin gw ngomong Mandarin. Gw, biarpun pernah belajar bahasa Mandarin di sekolah gw dulu (tapi gag pernah meratiin), cuman bisa ngelongok pas dia ngoceh ngulur ngidul ke gw. Dan dengan polosnya gw cuman bilang 'Sorry mate, I don't understand Mandarin'. Dan tanpa ada rasa bersalah, dia malah nerusin ngomong Mandarin tanpa melihat ekspresi gw yang udah kaya orang idiot.

Pas sem dua juga, jadi ceritanya gw dan tiga orang temen gw liburan ke KL (baca post ini). Waktu midsem itu, suasana KL lagi penuh dengan hiasan tahun baru Cina gitu. Well emang waktu itu udah deket deket mw gong xi fa chai. Pas jalan jalan ke KLCC, gw sempet sempetin ke Vincci, merk sepatu Malaysia yang emang top abis! Di situ gw ngeliat dompet yang harganya RM39.90 (udah termasuk discount, hehe). Dan gw langsung naksir sama tuh dompet.

Gw bayar tuh dompet ke kasir dan pas masukin tuh dompet ke kantong belanjaan, dia juga nyelipin beberapa amplop buat ang pao ke situ. Gw cuman bengong.

Dan mulailah percakapan itu :

Kasir : heii gong xi fa chai :)
Gw : Ehh. Hehe.. (muka gw sangat memperlihatkan bahwa gw bingung)
kasir : Chinese, right?
gw : Ehm. Actually not. I'm indonesian (sambil ngacir, takut tuh amplop minta dia balikin)

Yep, karena disangkain Cina yang beli produk Vincci di atas RM30, gw dikasih amplop ang pao.

Karena tuh amplop bagus, sayang lah mw dibalikin. Mendingan gw kasih aja ke temen gw yang chinese buat sincia tahun depan. Hahaha..

Pas mid sem itu juga gw terlibat dalam percakan dengan seorang pakcik yang ngirain gw Cina dan heran kenapa gw gag balik pas mid sem itu.

Ini dia (pernah gw muat di post yang tadi juga)

Pakcik : Heii tak balik raya ke? (heii ga pulang hari raya? * fyi : setau gw raya itu buat idul fitri doang *)
gw : (dengan agak bingung karena persepsi gw barusan) Raya ape Pakcik? (raya apaan pakcik?)
pakcik : Yu punye raya la, raya Cina (ya hari raya lo lah, hari raya cina)
gw : ...

Dan muasih banyak lagii pengalaman dikirain Cina oleh orang orang, bahkan orang Cina itu sendiri!

Klo yang Sabah laen lagi. Gw klo ngomong Melayu mungkin agak kagok dikit, so klo gw ngobrol sama orang Melayu, mereka suka nanya gw dari mana dan nebak : bahwa gw dari Sabah.
Emang, klo yang gw denger selama ini, logat orang Sabah ngomong Melayu hampir sama dengan orang Indonesia ngomong Melayu!

Kaya kemaren malem, gw lagi mw beli burger di kafe asrama gw. Nah pas lagi ngantri beli tuh burger, ada yang nyapa gw, Melayu. Dia ngajak gw ngobrol gitu, dan ternyata dia anak semester satu. Freshman, baru masuk.
Ga mw kecolongan duluan, gw tanya dia dari mana asalnya, dan lalu dia nebak gw asal dari mana. Dia ngirain gw dari Sabah! Dan tentu saja, pas gw bilang gw anak Indo, dia kaget bangett!

Nasibb nasibb. Ga diterima di mana mana. huhu.. Sampe ada juga temen gw yang julukin gw cina nyasar. Well I just take it easy lah. Ga ambil pusingg! Hehe..

Dah gitu aja sii gw mw share doang. Hehe.. Cheers ;)
dan mav klo kata kata yang gw pake rada setengah baku dan GEJE! hehe ..

UPDATED : tapi ternyata ada yang lebih parah dari gw, yaitu temen gw yang namanya febri . parahnya dia pernah diajakin ikut forum forum anak cina gitu. wakakakakkkkkkk . sumpah ngakak abis!

8 comments:

RuleBreaker said...

Belom pernah dapet bonus 10 amplop angpao kosong gara2 beli jaket sama ditarik ke diskusi para cina2 y??

kanya nadra said...

belumm . pernah yaa feb? wakakakk ..

ladyhavivi said...

ahhaaa :D

tapi ad untung nyah kan nad.
klo pas hari raya cinaa.
bs dapet angpao nihh klo maen" k rmh org cina.
hihihihihihhi

Anonymous said...

wah keuntungan tuh....muka na kayak orang china hihihihihiharusnya di sukurin :)

Wonderful South East Asia said...

wetss..

pas bulan puasa mah lebih anteng tu nad..kalo lagi ga puasa tinggal makan aja di depan umum..
hehehe..kan jadi ga masalah ..
:P

kanya nadra said...

@vifi : haha bener juga tuh vi .. tp klo sincia emang smw orang (gag harus cina) bs dapet angpao
@sakura : iya alhamdulillah juga .. jadinya truly asia dah :D
@ bang dolly : bener bang .. pura pura gag tw aja .. ;D

HeNdaR said...

weLeh weLeh,,gw jdi newcomer's niH d dunia blog
jdi maLu gw
wkwkwkwk
nyed,,bLog lo udH rame noH,,aMpe sLiwer mata gw mw bcanya
msiH cri2 iNspirasi nih bwt blog gw
support gw yaK

khemal said...

hahaha kocak nad, gua juga pernah tuh di sangka begituan! apalagi pas gw masih smp setiap orang nyangka gua orang kristen entah kenapa? haa mungkin dulu gw masih putih kaya bule kali ya ! hee

© ást | Blogger Template by Enny Law